Senin, 29 Juni 2009

Wisata di Kota Bogor


Monumen Kujang Bgor
Kota Bogor adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini terletak 54 km sebelah selatan Kota Jakarta, dan wilayahnya berada di tengah-tengah wilayah Kabupaten Bogor. Luasnya 21,56 km², dan jumlah penduduknya 834.000 jiwa (2003). Kota Bogor dikenal dengan julukan kota hujan, karena memiliki curah hujan yang sangat tinggi. Peta Kota Bogor terdiri atas 6 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah 68 kelurahan. Pada masa kolonial Belanda Bogor dikenal dengan nama Buitenzorg (berarti “tanpa kecemasan” atau “aman tenteram”). Sehingga daerah ini sangat cocok untuk direferensikan menjadi salah satu tempat wisata Indonesia.

 Institut Pertanian Bogor
Bogor (berarti “enau”) telah lama dikenal dijadikan pusat pendidikan dan penelitian serta tempat wisata pertanian nasional. Di sinilah berbagai lembaga dan balai-balai penelitian pertanian dan biologi berdiri sejak abad ke-19. Institut Pertanian Bogor, berdiri sejak awal abad ke-20.

 (Sumber berwisata.com)


_______________________________________________________________________
Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor merupakan bagian dari monumen Batu Tulis yang didirikan oleh Sri Baduga Maharaja (Prabu Siliwangi) dari Kerajaan Pajajaran tahun 1474 - 15131 Kebun Raya pada saat itu dinamakan Samida ( hutan buatan atau taman buatan ), yang di tujukan untuk keperluan menjaga kelestarian lingkungan menjaga dan tempat memelihara benih benih kayu yang langka.
Di samping Samida itu (yang kemudian dikenal dengan nama Kebun Raya Bogor), pada saat itu dibuat pula Samida yang serupa di batas Cianjur Bogor (Hutan Ciung Wanara), baik dari segi ke aslian jenis tumbuhan yang ditanam maupun tata letak dari tanaman. Bila demikian kenyataannya, maka Raffles dan Van den Bosh hanya merupakan tokoh pemugar dan penambah koleksi tanaman bagi kebun raya yang telah didirikan sejak akhir abad ke 14 oleh dinasti Kerajaan Pajajaran. (Sumber Berwisata.com)
Banyak diantaranya tempat untuk berwisata di Kota Bogor, yang bisa memberikan keindahan dan pengetahuan.

 Pucak cisarua Bogor





Tidak ada komentar:

Posting Komentar